UKM Kreatif di Indonesia

by 00.35 0 komentar


Usaha Kecil Menengah atau yang sering disingkat UKM merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara Indonesia. UKM  ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. UKM ini juga sangat membantu negara atau pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat UKM juga banyak tercipta unit unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Selain dari itu UKM juga memiliki fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar. UKM ini perlu perhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang akurat, agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar.
Dengan adanya dan berkembangnya UKM maka semakin banyak pula masyarakat yang kian memadati dunia usaha di bidang industri kreatif. Berbagai macam usia pun ikut menyelami usaha kecil menengah terebut, dari usia kurang dari 17 tahun sampai lebih dari 17 tahun. Oleh karena itu, UKM Kreatif ini dipenuhi berbagai bidang barang dan jasa dengan motif atau tema yang beragam. 

Banyaknya contoh usaha yang memungkinkan, kami memdalami contoh usaha “Totebag”.


Totebag merupakan tas jinjing yang multifungsi dan dapat dibawa kemana saja. Saat ini totebag sedang marak-maraknya dikalangan remaja. Berbagai macam bahan dan corak, tentunya totebag ini diharapkan mendapatkan perhatian khusus bagi konsumen agar terpikat oleh ciri khas produk tersebut. Contoh yang kami ambil pun tas totebag berbahan kanvas dan drill . Tak hanya itu, totebag ini dapat di custom atau konsumen dapat mendesain sendiri totebag yang diingkannya.

Dengan ini kami menyediakan marketing mix 4P [ Product, Price, Promotion dan Place ] dalam bidang usaha “Totebag”.

Marketing Mix 4P

1.      Product

Produk kami adalah totebag dengan design yang unik. Dimana customers dapat membuat design sesuai keiginan customers. Selain menyediakan totebag dengan design sesuai keinginan customers, kami juga menyiap totebag yang siap untuk dijualkan. 

Jenis kain untuk totebag yang kami produksi:
·         Totebag kain kanvas
·         Totebag kain drill 

Untuk pengaplikasian design pada totebag, kami menggunakan teknik:
·         Painting
·         Print/Sablon
·         bordir

2.      Price
 
Untuk harga, kami memiliki range harga sebagai berikut:

Totebag
Range Harga
Jenis Bahan, Design, Warna, Teknik pengaplikasian design (sablon, printing, bordir)
Rp.25.000,00-Rp.100.000,00
Jenis bahan, Design, Warna, Teknik Painting
Rp. 85.000,00-Rp.150.000,00

3.      Promotion

Dengan mengandalkan kemampuan teknologi yang semakin meningkat kami mengadakan kegiatan pemasaran melalui media sosial seperti Instagram, LINE, BBM dan Facebook.

4.      Place

Untuk tempat produksi kami berada di Kp. Bulak Mekarsari No.57, Tambun Selatan, Bekasi.

Target pasar dan pangsa pasar

Target pasar untuk usaha kami ini adalah kalangan remaja - dewasa.

Pengembangan Produk.

Dalam pengembangan produk kami akan menginovasikan totebag kami dengan memadupadakan beberapa motif dan warna, dan pengaplikasian desain motif menggunakan teknik Painting.

Model Bisnis

*      Customer Segment
Produk yang kami luncurkan ditujukan untuk remaja sampai dengan dewasa. Baik untuk perempuan atau pun laki-laki dan ditujukan untuk kelas ekonomi menengah ke bawah yang ingin tampil modis dengan menggunakan totebag.

*      Value Preposition
Kami memberikan anda sebuah totebag unik yang menggambarkan diri anda dimana setiap customer memiliki kebebasan dalam menentuakan design dan pengamplikasian design pada totebag sesuai dengan keinginan customer. Untuk remaja dan dewasa sekarang ini totebag kami dapat mendukung aktivitas dan penampilan anda sehari-hari.

*      Channel
Dengan semakin pesatnya teknoligi dan  meningkatnya pertumbuhan pengguna sosial media setiap tahunnya, maka kami memilih media sosial seperti Instagram dan Facebook sebagai media pemasaran kami.

*      Customer Relationship
Untuk mendukung penjualan totebag kami, dibutuhkan kegiatan customer relationship guna menciptakan kepercayaan pembeli kepada produk kami dan berimbas kepada keinginan pembeli untuk kembali membeli produk kami. Adapun kegiatan yang menunjang terjadinya customer relationship yang baik kami akan menyediakan room chat  baik via LINE, WHATSAPP dan BBM. Menyebarkan info tentang desain totebag terbaru kami melalui pesan OA LINE  dan pesan siaran di BBM.

*      Key Activities
Key Activities kami ialah memproduksi totebag dengan menciptakan design motif sesuai dengan permintaan customers dan menciptakan desain motif apa yang sedang in. 

*      Key Resources
Dalam Key Resources ini kami membutuhkan:
·  Sumber Daya Manusia: Designer grafis, Penjahit dan Tukang Sablon yang berpengalaman
·        Financial : Modal Awal untuk memproduksi totebag yang siap untuk dipasarkan

*      Key Partners
Dalam usaha totebag ini kami membutuhkan untuk berkerjasama dengan supplies kain cotton dan drill sebagai bahan baku, para penjahit disekitar tempat produksi, UKM Sablon serta pihak dari jasa pengiriman.

*      Cost Structure
Cost-driven: biaya produksi tergantung dengan harga bahan baku.
Fixed cost: listrik, kuota internet.
Variable cost: biaya jahit/biaya sablon sesuai dengan jumlah barang yang di produksi.

*      Revenue Stream
Untuk sumber pendapatan kami berasal dari harga jual 20% per satuan totebag yang dijual. 

Tokoh Bisnis Advicer


 Biodata :
Ronny Lukito (lahir di BandungIndonesia15 Januari 1962; umur 55 tahun) adalah seorang pengusaha tas yang memiliki perusahaan bernama B&B Inc., yang bergerak di dalam bidang pembuatan tas, fashion dan aksesoris. B&B Inc. memiliki empat anak perusahaan, yaitu
·  Eksonindo Multi Product Industry, perusahaan ini memproduksi ransel dan tas kasual bermerk Exsport.
·   Eigerindo Multi Product Industry, menghasilkan produk yang berorientasi pada kegiatan petualangan dan alam bermerk Eiger.
·  Eksonindo Multi Product Industry Senajaya, meluncurkan konsep produk baru yang bermrk Bodypack untuk menjangkau kalangan pelajar sampai eksekutif. Pada awalnya Bodypack dikhususkan untuk pria dengan konsep "street gear", yang kemudian berubah konsepnya menjadi "digital lifestyle".
·         Persada Abadi.


Why I choose Ronny Lukito?

Sebelum menjadi seorang pengusaha ternama, Ronny Lukito lahir dari keluarga kurang mampu. Namun Ronny memiliki semangat pantang menyerah meski dalam kondisi keuangan yang tak cukup memadai. Ronny bahkan tidak melanjutkan sekolahnya hingga ke perguruan tinggi.
Sejak duduk dibangku STM (Sekolah Teknologi Menengah) Ronny pernah membantu orang tuanya berjualan susu yang Ia kemas sendiri yang kemudian Ia jual dari pintu ke pintu. Tak hanya itu, pada tahun 1967, Orang tua Ronny membuka usaha pembuatan tas. Usaha tersebut mereka kerjakan sendiri, mulai dari pembuatannya hingga penjualannya. Tas hasil karya orangtuanya itu pun diberi merek Butterfly. Sepulang sekolah, Ronny sering membantu usaha yang dijalankan orangtuanya tersebut. Terkadang Ronny menjual tasnya dari rumah ke rumah. Terlalu seringnya membantu usaha orangtuanya, Ronny menjadi mahir dalam memilih bahan-bahan yang berkualitas. Ia juga tahu trend pasar. Bahkan dengan ketekunannya, ia berusaha memasukkan tas nya agar dapat dipasarkan oleh Matahari Depstore. Penawarannya ditolak berulangkali. Namun, ia pantang menyerah. Hingga akhirnya, barulah pada penawaran yang ke 13, produknya dapat diterima Matahari Depstore dengan harga yang masih rendah.
Peristiwa itulah yang menjadi titik awal kemajuan usaha Ronny dalam menjalankan bisnisnya. Dari waktu ke waktu, ia semakin menguasai pasar. Ia mulai merekrut marketing profesional, selalu berinovasi dan selalu memegang teguh prinsipnya agar tak mudah menyerah.

Note from blogger :
“Usaha akan membuahkan hasil setelah seseorang tidak menyerah.” – Napoleon Hill

NAMA KELOMPOK:
1.      ANA NADILAH FATIAH ROBY (20216723)
2.      DHIYO ATHOBARANI Dj (21216950)
3.      NADYA PUTRI TANJUNG (25216283)

SUMBER :

Nadya Putri Tanjung

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar