Usaha
Kecil Menengah atau yang sering disingkat UKM merupakan salah satu bagian
penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara
Indonesia. UKM ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian
masyarakat. UKM ini juga sangat membantu negara atau pemerintah dalam hal
penciptaan lapangan kerja baru dan lewat UKM juga banyak tercipta unit unit
kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan
rumah tangga. Selain dari itu UKM juga memiliki fleksibilitas yang tinggi jika
dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar. UKM ini perlu
perhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang akurat, agar terjadi
link bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan elemen
daya saing usaha, yaitu jaringan pasar.
Dengan
adanya dan berkembangnya UKM maka semakin banyak pula masyarakat yang kian
memadati dunia usaha di bidang industri kreatif. Berbagai macam usia pun ikut
menyelami usaha kecil menengah terebut, dari usia kurang dari 17 tahun sampai
lebih dari 17 tahun. Oleh karena itu, UKM Kreatif ini dipenuhi berbagai bidang
barang dan jasa dengan motif atau tema yang beragam.
Banyaknya
contoh usaha yang memungkinkan, kami memdalami contoh usaha “Totebag”.
Totebag
merupakan tas jinjing yang
multifungsi dan dapat dibawa kemana saja. Saat ini totebag sedang
marak-maraknya dikalangan remaja. Berbagai macam bahan dan corak, tentunya
totebag ini diharapkan mendapatkan perhatian khusus bagi konsumen agar terpikat
oleh ciri khas produk tersebut. Contoh yang kami ambil pun tas totebag berbahan
kanvas dan drill . Tak hanya itu, totebag ini dapat di custom atau konsumen dapat mendesain sendiri totebag yang
diingkannya.
Dengan ini kami
menyediakan marketing mix 4P [
Product, Price, Promotion dan Place ] dalam bidang usaha “Totebag”.
Marketing Mix 4P
1.
Product
Produk kami adalah totebag dengan design yang unik.
Dimana customers dapat membuat design sesuai keiginan customers. Selain
menyediakan totebag dengan design sesuai keinginan customers, kami juga menyiap
totebag yang siap untuk dijualkan.
Jenis
kain untuk totebag yang kami produksi:
·
Totebag kain kanvas
·
Totebag kain drill
Untuk
pengaplikasian design pada totebag, kami menggunakan teknik:
·
Painting
·
Print/Sablon
·
bordir
2.
Price
Untuk harga, kami memiliki range harga sebagai berikut:
Totebag
|
Range Harga
|
Jenis Bahan, Design, Warna, Teknik pengaplikasian design (sablon,
printing, bordir)
|
Rp.25.000,00-Rp.100.000,00
|
Jenis bahan, Design, Warna, Teknik Painting
|
Rp. 85.000,00-Rp.150.000,00
|
3.
Promotion
Dengan mengandalkan kemampuan teknologi yang semakin
meningkat kami mengadakan kegiatan pemasaran melalui media sosial seperti
Instagram, LINE, BBM dan Facebook.
4.
Place
Untuk tempat produksi kami berada di Kp. Bulak Mekarsari
No.57, Tambun Selatan, Bekasi.
Target
pasar dan pangsa pasar
Target pasar untuk
usaha kami ini adalah kalangan remaja - dewasa.
Pengembangan
Produk.
Dalam pengembangan produk kami akan menginovasikan totebag kami dengan
memadupadakan beberapa motif dan warna, dan pengaplikasian desain motif
menggunakan teknik Painting.
Model Bisnis
Customer Segment
Produk yang kami luncurkan ditujukan
untuk remaja sampai dengan
dewasa. Baik untuk perempuan atau pun laki-laki dan ditujukan untuk kelas
ekonomi menengah ke bawah yang ingin tampil modis dengan menggunakan totebag.
Value Preposition
Kami memberikan anda sebuah totebag unik yang
menggambarkan diri anda dimana setiap customer memiliki kebebasan dalam
menentuakan design dan pengamplikasian design pada totebag sesuai dengan
keinginan customer. Untuk remaja dan dewasa sekarang ini totebag kami dapat
mendukung aktivitas dan penampilan anda sehari-hari.
Channel
Dengan semakin pesatnya teknoligi dan meningkatnya pertumbuhan pengguna sosial media
setiap tahunnya, maka kami memilih media sosial seperti Instagram dan Facebook
sebagai media pemasaran kami.
Customer Relationship
Untuk mendukung penjualan totebag kami, dibutuhkan
kegiatan customer relationship guna menciptakan kepercayaan pembeli kepada
produk kami dan berimbas kepada keinginan pembeli untuk kembali membeli produk
kami. Adapun kegiatan yang menunjang terjadinya customer relationship yang baik
kami akan menyediakan room chat baik via LINE,
WHATSAPP dan BBM. Menyebarkan info tentang desain totebag terbaru kami
melalui pesan OA LINE dan pesan siaran di BBM.
Key Activities
Key Activities kami ialah memproduksi totebag dengan
menciptakan design motif sesuai dengan permintaan customers dan menciptakan
desain motif apa yang sedang in.
Key Resources
Dalam Key Resources ini kami membutuhkan:
· Sumber
Daya Manusia: Designer grafis, Penjahit dan Tukang Sablon yang berpengalaman
· Financial
: Modal Awal untuk memproduksi totebag yang siap untuk dipasarkan
Key Partners
Dalam usaha totebag ini kami membutuhkan untuk
berkerjasama dengan supplies kain cotton dan drill sebagai bahan baku, para
penjahit disekitar tempat produksi, UKM Sablon serta pihak dari jasa
pengiriman.
Cost Structure
•Cost-driven: biaya produksi
tergantung dengan harga bahan baku.
• Fixed cost: listrik, kuota internet.
• Variable cost: biaya jahit/biaya
sablon sesuai dengan jumlah barang yang di
produksi.
Revenue
Stream
Untuk sumber pendapatan kami berasal dari harga jual 20%
per satuan totebag yang dijual.
Biodata :
Ronny Lukito (lahir di Bandung, Indonesia, 15 Januari 1962; umur 55 tahun) adalah seorang pengusaha tas yang memiliki
perusahaan bernama B&B Inc., yang bergerak di dalam bidang pembuatan tas, fashion dan aksesoris. B&B Inc. memiliki empat anak perusahaan, yaitu
· Eksonindo Multi Product Industry, perusahaan ini memproduksi ransel dan tas kasual
bermerk Exsport.
· Eigerindo Multi Product Industry, menghasilkan produk yang berorientasi pada kegiatan
petualangan dan alam bermerk Eiger.
· Eksonindo Multi Product Industry Senajaya,
meluncurkan konsep produk baru yang bermrk Bodypack untuk menjangkau kalangan pelajar sampai
eksekutif. Pada awalnya Bodypack dikhususkan untuk pria dengan konsep "street
gear", yang kemudian berubah konsepnya menjadi "digital
lifestyle".
Why I choose Ronny
Lukito?
Sebelum
menjadi seorang pengusaha ternama, Ronny Lukito lahir dari keluarga kurang mampu.
Namun Ronny memiliki semangat pantang menyerah meski dalam kondisi keuangan
yang tak cukup memadai. Ronny bahkan tidak melanjutkan sekolahnya hingga ke
perguruan tinggi.
Sejak
duduk dibangku STM (Sekolah Teknologi Menengah) Ronny pernah membantu orang tuanya
berjualan susu yang Ia kemas sendiri yang kemudian Ia jual dari pintu ke pintu.
Tak hanya itu, pada tahun 1967, Orang tua Ronny membuka usaha pembuatan tas.
Usaha tersebut mereka kerjakan sendiri, mulai dari pembuatannya hingga
penjualannya. Tas hasil karya orangtuanya itu pun diberi merek Butterfly.
Sepulang sekolah, Ronny sering membantu usaha yang dijalankan orangtuanya
tersebut. Terkadang Ronny menjual tasnya dari rumah ke rumah. Terlalu seringnya
membantu usaha orangtuanya, Ronny menjadi mahir dalam memilih bahan-bahan yang
berkualitas. Ia juga tahu trend pasar. Bahkan dengan ketekunannya, ia berusaha
memasukkan tas nya agar dapat dipasarkan oleh Matahari Depstore.
Penawarannya ditolak berulangkali. Namun, ia pantang menyerah. Hingga akhirnya,
barulah pada penawaran yang ke 13, produknya dapat diterima Matahari Depstore
dengan harga yang masih rendah.
Peristiwa
itulah yang menjadi titik awal kemajuan usaha Ronny dalam menjalankan
bisnisnya. Dari waktu ke waktu, ia semakin menguasai pasar. Ia mulai merekrut
marketing profesional, selalu berinovasi dan selalu memegang teguh prinsipnya
agar tak mudah menyerah.
Note from blogger :
“Usaha
akan membuahkan hasil setelah seseorang tidak menyerah.” – Napoleon Hill
NAMA
KELOMPOK:
1. ANA NADILAH FATIAH ROBY (20216723)
2. DHIYO ATHOBARANI Dj (21216950)
3. NADYA PUTRI TANJUNG (25216283)
SUMBER :
0 komentar:
Posting Komentar